Apa Itu Virtual Reality?

Pemanfaatan Teknologi VR dan AR Dalam Pendidikan


PEMANFAATAN TEKNOLOGI 3D VIRTUAL REALITY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari pengguna smartphone, jumlah blogger di Indonesia, pengguna facebook atau media sosial lainnya dan pengguna internet. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang mulai berkembang di Indonesia adalah Virtual Reality. Teknologi ini di Indonesia masih tidak banyak berkembang. Teknologi Virtual Reality yang masuk di Indonesia kebanyakan hanya berupa game. Pengembang Virtual Reality sendiri di Indonesia belum begitu banyak. Pemerintahan Indonesia sendiri  saat ini sedang menggalakkan digitalisasi materi sekolah (pembelajaran) yakni salah satunya melalui Buku Seri Elektronik dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas serta Kejuruan. Buku Seri Elektronik masih sebatas master atau buku yang digitalkan saja, sedangkan untuk pengembangan Virtual Reality bidang pendidikan di Indonesia masih belum banyak dan belum berkembang. Di Indonesia, Sekolah Dasar hampir tidak ada yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality pada proses pembelajarannya dan matematika merupakan salah satu materi sekolah yang sangat ditakuti oleh para siswa, selain bahasa Inggris dan bahasa daerah (Bahasa Jawa). Dari latar belakang diatas maka peneliti mengembangkan aplikasi pembelajar matematika untuk tingkat Sekolah Dasar berbasiskan teknologi Virtual Reality. Dengan teknologi Virtual Reality ini anak diajak bermain dan belajar sehingga anak mampu mengerjakan soal matematikan dengan cara yang menyenangkan.


MANFAAT TEKNOLOGI VR DIBIDANG PENDIDIKAN


1. Mempermudah Siswa


Teknologi VR dapat menghasilkan efek tiga dimensi yang mampu memvisualisasikan sebuah benda secara nyata karena benda tersebut akan memiliki panjang, lebar, dan tinggi.Hal tersebut dapat membuat siswa lebih memahami pelajaran yang diajarkan.Utamanya saat mempelajari sesuatu yang belum terbayang sama sekali, maka dengan teknologi VR akan lebih membantu siswa.

2. Meningkatkan Semangat Belajar

Dengan adanya teknologi VR dapat membuat semangat belajar siswa menjadi meningkat disebabkan teknologi ini mampu meningkatkan rasa keingintahuan siswa dalam belajar.Rasa keingintahuan yang meningkat tersebut lah yang membuat siswa ingin belajar lagi dan lagi.Apalagi dibantu dengan teknologi VR yang dapat memvisualisasikan pelajaran yang dipelajarinya.

3. Menurunkan Kebosanan

Dalam kegiatan belajar pasti akan timbul rasa bosan.Apalagi jika kegiatan belajar tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama.Namun dengan menggunakan teknologi VR di dunia pendidikan dapat menurunkan bahkan menghilangkan rasa bosan tersebut.Hal ini karena pembelajaran menggunakan VR lebih menarik dan tidak membosankan jika dibandingkan dengan kegiatan belajar secara konvensional.

4. Media Pembelajaran yang Menyenangkan

Pemanfaatan teknologi VR di dunia pendidikan akan membuat kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan. Hal ini berkaitan pula dengan menurunkan kebosanan siswa yang sudah dijelaskan sebelumnya.Ketika pembelajaran dapat dilakukan secara menarik dan menyenangkan maka rasa bosan siswa dalam belajar pun akan berkurang.Maka diharapkan hasil belajar pun akan semakin meningkat.

5. Mempermudah Penyampaian Materi

Selain manfaat teknologi VR untuk siswa, teknologi ini pun memiliki manfaat untuk guru atau pengajar.Penggunaan VR sebagai perantara penyampaian materi akan mempermudah proses belajar mengajar. Para pengajar pun tidak perlu menyampaikan materi terlalu banyak secara lisan karena sudah dibantu dengan teknologi ini.Ditambah lagi dampak positif dari penggunaan VR dalam penyampaian materi adalah dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.

6. Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Masa Depan

Generasi milenial saat ini lebih tertarik dengan media pembelajaran yang menyelipkan teknologi di dalamnya dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional yang dirasa membosankan.Salah satu teknologi yang dapat diselipkan atau sebagai media perantara adalah VR.Dengan adanya teknologi VR akan meningkatkan minat siswa dalam belajar, hal tersebut akan meningkatkan pula semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran.Tujuan akhirnya adalah meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih optimal.Karena hal itulah teknologi VR memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan.


AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI ANATOMI TUBUH MANUSIA (SISTEM REPRODUKSI, SISTEM PENCERNAAN, SISTEM PEREDARAN DARAH) BERBASIS ANDROID


Augmented reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.Dengan bantuan teknologi Augmented Reality lingkungan nyata disekitar lingkungan akan dapat berinteraksi dalam bentuk digital (virtual). Salah satu implementasi AR digunakan sebagai media pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia. Implementasi ini dibangun dengan memasukan teknolog Augmented Reality berbasis android ke dalam sebuah gambar yang menarik sebagai alat bantu untuk media pembelajaran bagi pelajar SMP kelas VIII agar lebih memahami dalam mata pelajaran Biologi mengenai Anatomi Tubuh Manusia dan lebih menarik minat belajar bagi para siswa, sehingga maksud dan tujuan yang dimaksudkan oleh penulis dapat tersampaikan. Pada aplikasi ini juga terdapat animasi sistem reproduksi, animasi sistem pencernaan dan animasi sitem peredaran darah. Untuk pembuatan aplikasi dibutuhkan beberapa software yaitu Unity, Blender, Microsoft Paint, SDK Android, Qualcomm Vuforia SDK. Sedangkan untuk menjalankan aplikasi membutuhkan smartphone Android dan marker.

Komentar